Remote Desktop


Remote Desktop adalah istilah yang menggambarkan dimana sebuah komputer yang satu, bisa dikendalikan oleh komputer yang lainnya dengan menggunakan media jaringan komputer seperti Internet. Dengan program ini, kita bisa mengakses komputer yang berada jauh dari kita. Beberapa Remote dekstop yang ada saat ini adalah Teamviewer, tight VNC, consol VNC, dll.


Teamviewer


Dengan menggunakan program ini, kita bisa mengakses komputer yang berada jauh dari kita. Misalkan ketika sedang tugas keluar kota. Namun kita hanya membawa laptop saja, dan file-file penting yang dibutuhkan ada pada komputer desktop dirumah. Solusinya adalah setelah menginstall program TeamViewer ini, maka secara otomatis kita bisa saling berhubungan dengan komputer yang ada jauh disana, sehingga selain melakukan remote kita juga bisa mengambil file-file yang ada di komputer desktop tadi kedalam laptop tadi. Namun dengan catatan, dua komputer tadi sama-sama terhubung ke Internet.


Cara Penginstalan


Setelah aplikasi yang belum diinstal tersebut diklik, selanjutnya akan tampil layar seperti dibawah ini, Pilih Personal, kemudian klik Next


a


Berikutnya akan tampil gambar seperti ini, Centang dua2 nya, kemudian klik Next


b


Pilih Normal setelah tampilan seperti dibawah ini, kemudian klik Next


c


Klik Finish setelah tampil layar seperti dibawah


d


Fitur-fitur dari Aplikasi Teamviewer




  1. Remote Support



  2. Presentation



  3. File Transfer



  4. VPN




  1. Remote Support


Fitur ini dapat dimanfaatkan untuk menggunakan komputer yang dituju secara remote. Ini bisa dimanfaatkan untuk penggunaan komputer secara jarak jauh. Entah itu untuk mengedit Video kita, membaca dokumen, membuat dokumen, browsing, chatting, dan segala yang bisa kita lakukan saat kita menggunakan komputer. Namun bedanya kita tidak berada didepan komputer tersebut. Berikut adalah langkah-langkah menggunakan fitur Remote Support.


Buka aplikasi teamviewer yang ada pada PC


e


Maka akan muncul jendela Teamviewer, seperti di bawah ini. Isikan no ID partner anda, pilihlah Remote Support, lalu connect to partner untuk memulai pengoperasian.


f


Akan muncul tampilan PC/Notebook partner anda. Seperti gambar di bawah ini.


g


Jika anda ingin melakukan chating dengan partner anda, maka pilihlah menu chat pada menu Audio/Vidio.


h


Akan muncul jendela chat dan sudah siap untuk dioperasikan.


i


2. Presentation


Fitur ini bisa dimanfaatkan untuk presentasi jarak jauh. Apa-apa yang kita lakukan pada komputer kita, maka orang yang terhubung dengan kita bisa melihat apa yang kita lakukan.


3. File Transfer


Kita bisa mencopy dari komputer kita ke komputer remote kita ataupun sebaliknya. Berikut contoh pengoperasian fitur ini.


Buka aplikasi teamviewer yang ada pada PC


j


Maka akan muncul jendela Teamviewer, Isikan ID partner anda. Pilihlah File Transfer, lalu connect to partner untuk memulai pengoperasian.


k


Lalu, akan muncul kotak dialog seperti di bawah ini, pilihlah file yang akan dikirim.


l


Tunggulah sampai proses transfer data selesai.


4. VPN


Sesuai namanya, VPN (Virtual Private Network) yaitu suatu istilah yang ada dalam dunia jaringan komputer yang merupakan jalur pribadi yang saling terhubung antar komputer. Namun walau bernama jalur pribadi, tetapi tetap menggunakan media jaringan komputer yang umum seperti Internet.


Kelebihan Teamviewer




  1. Kemudahan dalam menggunakan


TeamViewer bersifat ready to use, tinggal download, jalankan dan mulai, koneksi akan terjadi kurang dari satu menit. Anda tidak diharuskan melakukan instalasi software dan registrasi. Anda bisa langsung menjalankan aplikasi ini di kedua komputer, memasukkan ID dan Password, maka kedua komputer akan langsung terhubung. Untuk menghentikannya, Anda tinggal menutupnya.




  1. Aman


Keamanan dan privacy menjadi fokus kerja dari TeamViewer, karena harus bekerja melalui internet. Lalu lintas data dienkripsi penuh dengan pengkodean RSA asimetris dan AES (256 Bit). Serupa dengan estándar yang diterapkan pada https/SSL yang menjadi standar keamaan saat ini. Pertukaran kunci (password) antar client juga dijamin penuh. TeamViewer juga menjamin perlindungan akses dengan cara memberikan sebuah password untuk setiap session, artinya password akan selalu berubah setiap kali mau memulai menggunakan software ini. Hal ini untuk memastikan terlindungi remote system dari pengaksesan pihak-pihak yang tidak berwenang. Beberapa level keamanan juga memerlukan konfirmasi manual dari rekan kerja yang di remote system. Untuk alasan perlindungan data, rekan kerja yang berada di remote system juga dapat melihat dan mendeteksi jika seseorang sedang mengakses komputernya.




  1. Akses menggunakan jalur internet


Jalur yang digunakan TeamViewer adalah internet, jadi asalkan kedua komputer Anda terhubung dalam jaringan, dan jaringannya terhubung dengan internet, maka Anda dapat melakukan remote access.




  1. File transfer


TeamViewer memberi fasilitas untuk copy file antara folder di komputer anda dengan folder di komputer rekan Anda.




  1. Tersedia Produk yang gratis


Walaupun TeamViewer mempunyai berbagai variasi harga yang terjangkau dari $250 sampai dengan $1400, namun TeamViewer juga tersedia dalam versi yang gratis yang dapat digunakan untuk kegiatan non-komersil, dengan fitur yang standar.



Tight VNC


Aplikasi ini tidak jauh berbeda dengan aplikasi remote desktop Teamviewer yang telah dibahas sebelumnya. Memiliki keunggulan pengaturan yang lebih mudah, ada pembedan antara user dan admin, memiliki fasilitas file transfer. Layaknya server FTP, file atau folder tidak perlu disharing untuk mengirim atau menerima file. Dan banyak fasilitas lainya.


Manager


Remote Desktop Manager merupakan sebuah aplikasi gratis yang dapat digunakan untuk mengelola semua koneksi jarak jauh dan mesin virtual dengan kemampuan untuk menambah, mengedit, menghapus, mengatur dan membagi koneksi remote Kita dengan cepat. Remote Desktop Manager kompatibel dengan beberapa alat-alat lain untuk menyediakan akses bebas masalah dan juga manajemen.


Remote Desktop Manager tersedia dalam dua edisi, edisi gratis untuk perusahaan kecil atau individu sementara edisi enterprise bekerja dengan banyak fitur yang tak terkalahkan.


Remote Desktop Manager 5.7.1.0 kompatibel dengan:




  • Microsoft Remote Desktop (RDP)



  • Microsoft Remote Assistance



  • Terminal Services



  • VNC (UltraVNC, TightVNC, RealVNC dan tertanam)



  • LogMeIn, Team Viewer



  • FTP (Explorer, Filezilla dan WinSCP)



  • VMware Player, VMware Workstation, VMware ESXi dan VMware vSphere



  • SSH, Telnet, Dameware, X Window, Virtual PC, PC Anywhere dan Hyper-V



  • Citrix, Radmin, Microsoft Remote Assistance, Sun Virtual Box dan masih banyak lagi



Remote Desktop Manager 5.7.10 mendukung berbagai addons seperti Java Web Start, MySQL Tools, OpenVPN, Secure CRT, Shrew Soft VPN Client, SonicWall NetExtender, Sql Server Management Studio dan NX Client. Tidak diragukan lagi salah satu freeware terbaik untuk rumah atau perusahaan sebagai pengelola beberapa sistem yang terhubung dari jarak jauh.


Namun, kita perlu memiliki Microsoft. NET 2.0 atau versi di atasnya untuk menjalankan aplikasi remote control ini dengan lancar.

0 komentar:

Posting Komentar